Lonjakan Penumpang Pasca Pemberlakuan Bebas PCR & Antigen

 


PAREPARE,Tvpare.ID--Pasca pemberlakuan surat edaran Kemenhub no 24 tahun 2022 tentang aturan perjalanan  dalam negeri .  Lonjakan penumpang kapal laut mulai terlihat di pelabuhan nusantara kota Parepare Sulawesi selatan. Penumpang mengaku lebih nyaman untuk bepergian setelah tidak berlakunya lagi antigen dan pcr sebagai syarat administrasi. Selasa (15/3/2022)

 

Ribuan penumpang dari dua kapal masing-masing KM ADITYA dari Samarinda  Kalimantan Timur dan KM THALIA dari Nunukan Kalimantan Utara tiba di dermaga pelabuhan.

 

Antusias penumpang untuk bepergian meningkat pasca tidak berlakunya lagi anti gen dan pcr sebagai syarat perjalan sesuai dengan surat edaran kemenhub nomor 24 tahun 2022 sebagai tindak lanjut surat edaran satgas nomor 11 tahun 2022 .

 

“berlakunya surat edaran 24 tahun 2022 maka mulai hari lalu itu, kita terapkan di pelabuhan Nusantara Parepare. Ini memang baik kapal yang tiba maupun berangkat mengalami peningkatan semua ada peningkatan, seperti KM Thalia dari Nunukan yang biasanya tiba membawa penumpang 500 sekarang sudah 800 lebih begitu juga dengan KM Aditya,”ujar Sahrun Asis Kasi Lala dan Keselamatan Berlayar Ksop Parepare

 

Sementar itu salah seorang penumpang, Surianti mengaku tidak ada kendala selama melakukan perjalanan laut tanpa menggunakan hasil tes pcr dan antigen

“menurut saya alhamdulillah perjalanan lancar, tidak ada kendala sudah, kemarin kan kalau mau berangkat pake anti gen dulu sekarang sudah tidak, jadi mudah,”kata Surianti.

 

Berdasarkan data dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare,  sejak berlakunya surat edaran kemenhub terbaru terjadi lonjakan penumpang hingga 80 persen.

 

Meskipun telah ada pelonggaran aturan perjalanan / pemeriksaan ketat terhadap dokumen perjalanan tetap dilakukan bagi penumpang yang turun dari kapal.

 

Pihak petugas juga tetap mengingatkan untuk menggunakan masker agar tidak terjadi penularan covid-19. (*)

 

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama