Kereta Api Rute Barru-Pangkep Tahun Ini Ditargetkan Beroperasi




BARRU,TvPareid--Pemerintah provinsi Sulawesi selatan terus berupaya menggenjot proyek penyelesaian pembangunan jalur rel Kereta Api (KA) trans Sulawesi, tahun ini pemprov Sulsel menargetkan proyek Kereta Api tahap pertama selesai dan difungsionalkan. Hal itu diungkapkan pelaksana tugas Gubernur Sulawesi selatan Andi Sudirman Sulaiman, jumat (18/2/2022)

 

pelaksana tugas gubernur Sulawesi selatan Andi Sudirman Sulaiman kepada awak media,  saat berkunjung di kota Parepare, mengungkapkan progres pembangunan jalur Kereta Api trans Sulawesi terus dilakukan. Proyek tersebut  ditargetkan bisa selesai dan akan beroperasi pada tahun ini.

 

Pihak pemrov Sulsel juga telah melakukan sejumlah upaya untuk segera merampungkan pekerjaan proyek Nasional tersebut, seperti pembebasan lahan warga yang akan dilalui jalur rel Kereta Api. Menurut pelaksana tugas gubernur Sulawesi selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan pihaknya telah melakukan komunikasi bersama dengan Menteri perhubungan (Menhub) untuk berkomitmen menyelesaikan proyek tersebut tahun ini.

 

kita upayakan tahun ini  ada yang fungsioal saya sudah bicara dengan pak menhub dia sudah komit, pembebasan lahan sudah kita minta tolong dengan APH selesaikan yang jadi stoper, tidak boleh lagi ada yang stoper tahun ini insyallah bagaimana bisa beroperasi itu sudah komitmen bersama dengan pak menhub,”terang Andi Sudirman Sulaiman saat ditemui usai salat jumat di Masjid Raya kota Parepare.

 

 


Untuk tahap awal, lanjut plt Andi Sudirman Sulaiman, mengungkapkan pengoperasian Kereta Api akan diprioritaskan pada jalur Barru– Pangkep yang melayani rute tonasa ke pelabuhan garongkong khusus mengangkut semen.

 

“doakan supaya tidak ada masalah, ini untuk ruas garongkong dulu yang wilayah Pangkep ke Garongkong ke pelabuhan,”tambahnya

 

 

Keyakinan pemrov sulsel dalam pengoperasian Kereta Api trans Sulawesi tahun ini, setelah melakukan komunikasi bersama dengan kementerian perhubungan yang berkomitmen untuk segera mengoperasikan proyek tersebut di tahun ini.  

 

Diketahui proyek pembangunan Kereta Api Makassar-Parepare memiliki panjang 144 kilometer dan saat ini telah terbangun 45 kilometer, dengan nilai investasi Rp 8,25 triliun. Kereta Api ini menjadi bagian dari jaringan Kereta Api trans Sulawesi yang akan menghubungkan seluruh pulau Sulawesi. (*)

 

 

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama