Karantina Gagalkan Penyelundupan Satwa Liar Dilindungi

 



PAREPARE,TvPare.id--Petugas karantina dan pertanian kelas I Parepare kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan satwa liar yang dilindungi Undang-undang, masuk ke kota Parepare melalui pelabuhan nusantara. Senin (29/11/2021)

 

Petugas karantina dan pertanian kelas satu Parepare mengamankan sedikitnya 4 ekor burung Nuri dan2  ekor burung Kakatua jambu kuning. Burung-burng itu ditemukan saat petugas karantina melakukan pengawasan rutin di pelabuhan nusantara Parepare.

 

Petugas terpaksa menahan hewan satwa liar dilindungi itu karena tidak memiliki dokumen resmi . kesemua hewan unggas ini berasal dari Samarinda Kalimantan timur, yang diselundupkan melalui pelabuhan nusantara Parepare.


 

 

Sementara itu dokter hewan karantina dan pertanian kelas satu Parepare drh. Novia Anggraini mengatakan , penahanan hewan satwa liar tersebut karena tidak memiliki dokumen resmi masuk ke wilayah kota Parepare

petugas kami melakukan tugas pokok sesuai fungsinya yaitu pengawasan alat angkut, pada saat pengawasan alat angkut mereka menemukan satwa liar yang dilindungi di kapal asal Samarinda,”urai Novia

 

Petugas menemukan hewan tersebut di atas kapal tanpa ada pemilik yang mengakui barang bawaan tersebut, sambung Novia Anggraini.  Selain tidak ada yang mengakui kepemilikan hewan unggas tersebut juga tidak memiliki dokumen resmi.

 

Pihak karantina dan pertanian kelas I Parepare menyerahkan tangkapan itu ke pihak Badan Konservasi Alam Daerah (BKSDA) Parepare, untuk dilepas liarkan ke habibatnya, penyerahan itu disaksikan langsung oleh pihak aparat polisi sektor pelabuhan polres Parepare. (*)

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama