Upaya Penyelundupan Burung Hias Digagalkan Petugas Karantina

 


BARRU,TvPare.id- Karantina Pertanian Parepare wilayah kerja (Wilker) Pelabuhan Garongkong bersama Tim Wasdak Karantina Pertanian Parepare, kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan puluhan ekor burung tidak berdokumen yang diketahui berasal dari Lamongan Jawa Timur, Jumat (3/9).

 

Sedikitnya 72 ekor burung hias jenis Lovebird dan kenari diamankan oleh petugas Karantina Pertanian Kelas I Parepare wilker Pelabuhan Garongkong. Penahanan burung puluhan burung itu disebabkan tidak memiliki dokumen resmi.

"Penahanan kali ini dilakukan terhadap burung lovebird sebanyak 43 ekor dan burung kenari sebanyak 29 ekor . Karena burung-burung tersebut pemasukannya tidak dilaporkan kepada pejabat karantina serta tidak memiliki sertifikat karantina dari daerah asal. Sesuai amanah UU No 21 Tahun 2019 Tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.yang rencananya akan dimasukkan ke Barru," ungkap Rian Hari Suharto, Subkoordinator Pelayanan Operasional Karantina Pertanian Parepare.

 

Selanjutnya, burung-burung tersebut langsung dilakukan penolakan kembali ke daerah asalnya dengan pengawasan ketat oleh Tim Wasdak Karantina Pertanian Parepare.(*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama