Karantina Pastikan Karagenan di Ekspor Bersertifikat Fitosanitari

 


PINRANG,TvPare.id-  Sebanyak 24,80 ton karagenan (produk olahan rumput laut)  asal Sulawesi selatan, di ekspor ke luar negeri menuju Jerman. Karantina pertanian kelas I Parepare sebagai leading sektor perizinan ekspor Karagenan melakukan tindakan pengawasan di PT.BLG, Desa Suppa, Kabupaten PInrang Sulawesi selatan. Kamis (2/9/2021)

 

Tindakan pengawasan yang dilakukan oleh pihak Karantina kelas 1 Parepare, untuk memastikan karagenan layak di ekspor ke luar negeri. Dengan melakukan pemeriksaan produk sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat kelayakan ekspor khusus karagenan.

"Jenis dan jumlah sesuai dengan permohonan, kemasan utuh atau tidak rusak, selanjutnya diterbitkan Sertifikat Fitosanitari yang menyertainya hingga ke negara tujuan,"urai pejabat Karantina Pertanian Parepare saat melakukan pemeriksaan.

 


Sementara itu, SubKoordonator Pelayanan Operasional Karantina Pertanian Parepare, Rian Hari Suharto, menambahkan, bahwa tindakan karantina ini bertujuan untuk memastikan komoditas ekspor tersebut mampu memenuhi persyaratan negara tujuan.

"Kita pastikan setiap komoditas yang diekspor tidak mengalami penolakan di negara tujuan," ujar Rian.

 

Diketahui Karagenen sendiri merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Provinsi Sulawesi Selatan. PT BLG yang merupakan perusahaan pengolahan karagenan rutin mengekspor produk olahan rumput laut ini tiga kali dalam sepekan.

 

Karantina pertanian selalu berupaya semaksimal mungkin sesuai dengan perannya, yaitu mencegah tersebarnya hama penyakit dan organisme pengganggu, sekaligus memastikan produk yang diekspor memenuhi persyaratan teknis negara tujuan.(*)

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama